KATA PENGANTAR

Segala puji bagi
Allah SWT Tuhan semesta alam yang telah memberikan Rahmat-Nya kepada kami.
Dengan rahmat itu jualah kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan
salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw, keluarga, sahabat
serta para pengikut-Nya.
Pemakalah ingin
mengucapkan terima kasih kepada dosen yang telah memberikan kepercayaan kepada
pemakalah untuk menulis makalah tentang “Media
Pembelajaran Matematika”.
Penulis berharap semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan menjadi bahan acuan untuk
kedepannya. Tak lupa pula pemakalah menerima kritikan dan saran yang sifatnya
membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Batusangkar, 2 November 2014
Pemakalah

LAPORAN
PRAKTIKUM
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Tentang
Pembuktian Rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus
dengan Pendekatan
Rumus Luas Persegi
Oleh:
KELOMPOK III
Ø Dery
Arizola : 12 105 041
Ø Hana
Tasia : 12 105 046
Ø Neilur
Rahmi : 12 105 054
Ø Yuliarnis :
12
105 069
Dosen Pembimbing:
Fridgo Tasman, S.Pd, M.Sc
PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
BATUSANGKAR
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Matematika merupakan suatu bahan
kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran
deduksi, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari
kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam
matematika bersifat sangat kuat dan jelas selain itu bidang studi matematika adalah bidang studi yang luas cakupannya dan
bermacam-macam juga pokok bahasannya, ini mengakibatkan sangat diperlukan
kreativitas dari seorang pendidik dalam
penyampaian pengajaran pada siswa, dengan tujuan siswa dapat lebih
memahami apa yang dipelajarinya.
Terdapat banyak pokok bahasan
dalam matematika antara lain dalam materi Geometri. Geometri merupakan salah
satu pokok bahasan matematika di SMP. Dalam geometri dibahas objek-objek yang
berhubungan dengan bidang dan ruang. Geometri dianggap penting untuk dipelajari
karena di samping geometri menonjol pada struktur yang berpola deduktif,
geometri juga menonjol pada teknik-teknik geometris yang efektif dalam membantu
penyelesaian masalah dari banyak cabang matematika serta menunjang pembelajaran
mata pelajaran lain. Pemahaman secara mendalam tentang geometri berguna dalam
berbagai situasi dan berkaitan dengan topik-topik matematika.
Para siswa khususnya SMP pemahaman
akan lebih melekat pada memori otaknya dan siswa akan lebih tertarik pada
contoh yang konkrit. Oleh karena itu, diharapkan pembelajaran menggunakan media
pembelajaran ini untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam suatu pokok bahasan Geometri
SMP khususnya “ Bangun Ruang Kubus”
yaitu menggunakan media kubus dan jaring-jaringnya untuk pembuktian rumus luas
permukaan dan volume kubus dengan pendekatan rumus luas persegi.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara membuat
berbagai macam bentuk jaring – jaring kubus ?
2. Bagaimana cara menghitung
luas pemukaan dan volume kubus dengan pendekatan rumus luas persegi ?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui berbagai macam
bentuk jaring – jaring kubus
2. Untuk
meningkatkan pemahaman tentang
cara menghitung luas permukaan dan volume kubus dengan pendekatan rumus luas
persegi
BAB II
ISI
1.
Judul Media
“
Pembuktian Rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus dengan Pendekatan Rumus Luas
Persegi “
2.
Kegunaan Media
a.
Memudahkan siswa untuk
mengetahui bentuk kubus yang konkrit
b.
Memudahkan siswa untuk
mengenal rusuk, sisi, diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang.
c.
Siswa bisa mengetahui
berbagai macam bentuk jaring-jaring kubus, tergantung dari sisi mananya di
potong
d. Dapat meningkatkan
ketertarikan siswa pada pembelajaran karena terdapat gambar-gambar yang nyata.
e.
Memberikan pengalaman yang kongkrit dan sesuai dengan
tujuan pembelajaran
f.
Memperkenalkan, memperjelas, memperdalam, dan
memperkaya pengertian tentang konsep yang bersifat abstrak
g.
Untuk mempermudah
dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah disampaikan
h.
Bahan pelajaran akan
lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami
i.
Meningkatkan motivasi
belajar siswa
j.
Peningkatan aktivasi
siswa dalam kegiatan belajar mengajar
k. Siswa mempunyai daya ingat
yang lama
3.
Keunggulan Media
a. Mudah dibawa
b. Dalam proses pembuatan
media tidak rumit, karena sisinya sama panjang
c. Dapat meningkatkan
ketertarikan siswa pada pembelajaran karena terdapat gambar-gambar yang nyata, warna
yang menarik dan ceria
d. Medianya sederhana, tidak ribet
dan memudahkan pemahaman
e. Dapat meragakan konsep
4.
Kelemahan Media
a. Membutuhkan waktu yang
lama dalam proses pembuatan media
b. Membutuhkan banyak bahan
c. Membutuhkan banyak biaya
5.
Proses Pelaksanaan
Pembelajaran
Media kubus dan jaring-jaringnya ini, untuk proses pembelajaran untuk
anak SMP kelas VIII semester II. Kami memberikan materinya ini, kami asumsikan
siswa sudah memahami konsep kubus. Dalam
proses pembelajarannya kami laksanakan dengan:
a.
Membuka pembelajaran
b.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran
c.
Menjelaskan manfaat media kubus dan jaring - jaringnya
d.
Mengenalkan dan menjelaskan
tujuan media kubus yang dibawa
e.
Memulai pembelajaran dengan
memanfaatkan media kubus
f.
Setiap siswa diintruksikan
untuk membuat jaring –jaring kubus
g.
Setelah beberapa menit,
guru menginstruksikan untuk menyatukan sisi-sisi persegi.
h.
Jika jaring-jaring nya
benar maka akan membentuk jaring-jaring kubus
i.
Jika jaring-jaring yang
dibuat sudah membentuk kubus maka siswa sudah paham dan memiliki konsep bahwa
kubus terbentuk dari enam buah persegi
j.
Sebelum proses pembuktian
rumus luas permukaan dan volume kubus siswa sudah mengetahui kosep rumus luas persegi
k.
Dengan media dan jaring-jaring
kubus bisa dibuktikan bahwa melalui pendekatan rumus luas persegi bisa
membuktikan rumus luas permukaan dan volume kubus
l.
Setelah menjelaskan materi,
siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan bagian materi yang kurang paham
m.
Jika ada yang bertanya,
guru mengulang kembali menjelaskan bagian materi yang kurang paham
n.
Setelah itu, guru
memberikan contoh soal terkait dengan materi yang diajarkan
o.
Lalu guru memberikan
beberapa soal latihan kepada siswa
p.
Guru menunjuk salah seorang
siswa untuk menyelesaikan soal latihan di papan tulis
q.
Guru mengkoreksi jawaban
siswa secara bersama-sama
r.
Guru mengajak siswa menyimpulkan tentang materi yang telah
dipelajari
s.
Guru memberikan soal untuk diselesaikan dirumah untuk menambah
pemahaman siswa
t.
Setelah itu, guru menutup pembelajaran.
6.
Foto Media ( Terlampir)
a)
Foto Media Kubus

b) Foto Media jaring-jaring kubus
dengan pembuktian rumus Luas Permukaan
dan Volume Kubus dengan Pendekatan Rumus Luas Persegi

c)
Foto Media kubus dan
jaring-jaringnya serta dengan pembuktian rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus dengan Pendekatan
Rumus Luas Persegi

RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VIII / II
Materi Pokok : Kubus
Waktu :
2 x 40 menit ( 1x Pertemuan)
Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat
kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar :
Menghitung luas
permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
Indikator : 1. Menemukan rumus luas
permukaan kubus
2. Menghitung
luas permukaan kubus
3. Menemukan
rumus volume kubus
4. Menghitung
volume kubus
Alokasi Waktu :
2 x 40 Menit (1x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran:
1. Siswa dapat menemukan rumus luas permukaan kubus
2. Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus
3. Siswa dapat menemukan rumus volume kubus
4. Siswa dapat menghitung volume kubus
B. Materi Ajar:
a) Luas Permukaan Kubus
Luas permukaan kubus
adalah jumlah luas seluruh permukaan (bidang) kubus. Luas permukaan kubus sama
dengan luas jaring-jaringnya. Jaring-jaring kubus terdiri atas 6 persegi dengan
sisi - sisinya, misalkan
s.
Jadi luas permukaan
kubus = 6s2
b) Volume Kubus
Volum kubus
dengan panjang rusuknya adalah s yaitu V= s3
C. Metode
Pembelajaran:
Model
Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
Metode
pembelajaran : Diskusi, tanya jawab dan
pemberian tugas
D. Langkah-langkah
Pembelajaran:
1. Pendahuluan (5 Menit)
a. Memotivasi siswa dengan benda – benda
dalam kehidupan sehari-hari dan di ruang kelas yang berbentuk kubus
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
c. Guru mengingatkan kembali tentang jaring-jaring kubus
2. Kegiatan Inti (60 Menit)
a. Siswa diingatkan tentang unsur-unsur
pada limas dan prisma tegak yang sudah pernah dipelajari di SD
b. Guru memberi contoh pada gambar
c. Siswa diminta menyebutkan unsur-unsur
pada limas dan prisma tegak yang digambar oleh guru
d. Siswa diminta mengerjakan soal-soal
latihan
3. Penutup (15 menit)
a. Dengan bimbingan
guru siswa membuat rangkuman materi yang sudah dipelajari.
b. Siswa diberikan soal yang berkaitan dengan
kubus
c. Guru memberikan
informasi tentang pertemuan yang selanjutnya
E. Alat &
Sumber Belajar:
1.
Alat : penggaris, spidol, benda-benda di
sekeliling kita yang berbentuk kubus
2.
Sumber : buku matematika 2B
F. Penilaian
1. Teknik: tes
2. Bentuk Instrumen: tes tertulis
BAB III
PENUTUP
Penggunaan
media sangat berguna untuk melengkapi pemahaman siswa terhadap materi yang
dipelajari dan prinsipnya untuk meningkatkan efektivitas dan kelancaran proses
belajar mengajar. Fungsi media pembelajaran adalah :
1. Menyeragamkan pengamatan dan wawasan siswa terhadap kompetensi
dasar
2.
Menumbuhkan pemikiran yang
teratur
3.
Memotivasi siswa untuk
memperoleh hasil belajar
4.
Menginteraktifkan siswa
dengan lingkungan belajarnya
5.
Meningkatkan perhatian, keinginan,
dan minat siswa
6.
Menanamkan konsep dasar,
kongkrit, dan realistik
7.
Memberikan gambaran
pengalaman nyata
8.
Menjadikan pengalaman yang
diperoleh siswa tidak mudah terlupakan
REFERENSI
Piran Wiroatmojo, DR dan Sasonoharjo. 2002. Media
Pembelajaran. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI
5032-ADE_ROHAYATI/HANDOUT_MEDIA_PEMBEL._DEPAG.pdf
Di akses Tanggal 25 Oktober 2014
Di akses Tanggal 25 Oktober 2014
1 komentar:
The titanium tube - baojititanium.blogspot.com
So, I got a pack of 바카라 사이트 에스뱅크 3.5 oz plastic and then 해외야구 got my FIRST DEAL of it 바카라 사이트 (in the case of some kind) 라이브스코어 (it's titanium tubing $200).
Posting Komentar