Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

LAPORAN PRAKTIKUM MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA



KATA PENGANTAR
           
Segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam yang telah memberikan Rahmat-Nya kepada kami. Dengan rahmat itu jualah kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw, keluarga, sahabat serta para pengikut-Nya.
Pemakalah ingin mengucapkan terima kasih kepada dosen yang telah memberikan kepercayaan kepada pemakalah untuk menulis makalah tentang “Media Pembelajaran Matematika.
Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan menjadi bahan acuan untuk kedepannya. Tak lupa pula pemakalah menerima kritikan dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.

Batusangkar, 2 November 2014



Pemakalah







STAIN-2

LAPORAN PRAKTIKUM
 MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Tentang
Pembuktian Rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus dengan Pendekatan
Rumus Luas Persegi

Oleh:

KELOMPOK III
Ø  Dery Arizola       : 12 105 041
Ø  Hana Tasia         : 12 105 046
Ø  Neilur Rahmi     : 12 105 054
Ø  Yuliarnis             : 12 105 069


Dosen Pembimbing:
Fridgo Tasman, S.Pd, M.Sc

PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
BATUSANGKAR
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduksi, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas selain itu bidang studi matematika adalah bidang studi yang luas cakupannya dan bermacam-macam juga pokok bahasannya, ini mengakibatkan sangat diperlukan kreativitas dari seorang pendidik dalam  penyampaian pengajaran pada siswa, dengan tujuan siswa dapat lebih memahami apa yang dipelajarinya.
Terdapat banyak pokok bahasan dalam matematika antara lain dalam materi Geometri. Geometri merupakan salah satu pokok bahasan matematika di SMP. Dalam geometri dibahas objek-objek yang berhubungan dengan bidang dan ruang. Geometri dianggap penting untuk dipelajari karena di samping geometri menonjol pada struktur yang berpola deduktif, geometri juga menonjol pada teknik-teknik geometris yang efektif dalam membantu penyelesaian masalah dari banyak cabang matematika serta menunjang pembelajaran mata pelajaran lain. Pemahaman secara mendalam tentang geometri berguna dalam berbagai situasi dan berkaitan dengan topik-topik matematika.
Para siswa khususnya SMP pemahaman akan lebih melekat pada memori otaknya dan siswa akan lebih tertarik pada contoh yang konkrit. Oleh karena itu, diharapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran ini untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam suatu pokok bahasan Geometri SMP khususnya “ Bangun Ruang  Kubus” yaitu menggunakan media kubus dan  jaring-jaringnya untuk pembuktian rumus luas permukaan dan volume kubus dengan pendekatan rumus luas persegi.




B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara membuat berbagai macam bentuk jaring – jaring kubus ?
2.      Bagaimana cara menghitung luas pemukaan dan volume kubus dengan pendekatan rumus luas persegi ?

C.     Tujuan Penulisan
1.       Untuk mengetahui berbagai macam bentuk jaring – jaring kubus
2.       Untuk meningkatkan pemahaman tentang cara menghitung luas permukaan dan volume kubus dengan pendekatan rumus luas persegi















BAB II
ISI
1.      Judul Media
“ Pembuktian Rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus dengan Pendekatan Rumus Luas Persegi “

2.      Kegunaan Media
a.       Memudahkan siswa untuk mengetahui bentuk kubus yang konkrit
b.      Memudahkan siswa untuk mengenal rusuk, sisi, diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang.
c.       Siswa bisa mengetahui berbagai macam bentuk jaring-jaring kubus, tergantung dari sisi mananya di potong
d.      Dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada pembelajaran karena terdapat gambar-gambar yang nyata.
e.       Memberikan pengalaman yang kongkrit dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
f.       Memperkenalkan, memperjelas, memperdalam, dan memperkaya pengertian tentang konsep yang bersifat abstrak
g.      Untuk mempermudah dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah disampaikan
h.      Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami
i.        Meningkatkan motivasi belajar siswa
j.        Peningkatan aktivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar
k.      Siswa mempunyai daya ingat yang lama






3.      Keunggulan Media
a.       Mudah dibawa
b.      Dalam proses pembuatan media tidak rumit, karena sisinya sama panjang
c.       Dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada pembelajaran karena terdapat gambar-gambar yang nyata, warna yang menarik dan ceria
d.      Medianya sederhana, tidak ribet dan memudahkan pemahaman
e.       Dapat meragakan konsep

4.      Kelemahan Media
a.       Membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatan media
b.      Membutuhkan banyak bahan
c.       Membutuhkan banyak biaya

5.      Proses Pelaksanaan Pembelajaran
Media kubus dan jaring-jaringnya ini, untuk proses pembelajaran untuk anak SMP kelas VIII semester II. Kami memberikan materinya ini, kami asumsikan siswa sudah memahami konsep kubus.  Dalam proses pembelajarannya kami laksanakan dengan:
a.       Membuka  pembelajaran
b.      Menjelaskan tujuan pembelajaran
c.       Menjelaskan  manfaat media kubus dan jaring - jaringnya
d.      Mengenalkan dan menjelaskan tujuan media kubus yang dibawa
e.       Memulai pembelajaran dengan memanfaatkan media kubus
f.       Setiap siswa diintruksikan untuk membuat jaring –jaring kubus
g.      Setelah beberapa menit, guru menginstruksikan untuk menyatukan sisi-sisi persegi.
h.      Jika jaring-jaring nya benar maka akan membentuk jaring-jaring kubus
i.        Jika jaring-jaring yang dibuat sudah membentuk kubus maka siswa sudah paham dan memiliki konsep bahwa kubus terbentuk dari enam buah persegi
j.        Sebelum proses pembuktian rumus luas permukaan dan volume kubus siswa sudah  mengetahui kosep rumus luas persegi
k.      Dengan media dan jaring-jaring kubus bisa dibuktikan bahwa melalui pendekatan rumus luas persegi bisa membuktikan rumus luas permukaan dan volume kubus
l.        Setelah menjelaskan materi, siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan bagian materi yang kurang paham
m.    Jika ada yang bertanya, guru mengulang kembali menjelaskan bagian materi yang kurang paham
n.      Setelah itu, guru memberikan contoh soal terkait dengan materi yang diajarkan
o.      Lalu guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa
p.      Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menyelesaikan soal latihan di papan tulis
q.      Guru mengkoreksi jawaban siswa secara bersama-sama
r.        Guru mengajak siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari
s.       Guru memberikan soal  untuk diselesaikan dirumah untuk menambah pemahaman   siswa
t.        Setelah itu, guru menutup pembelajaran.

6.      Foto Media ( Terlampir)
a)      Foto Media Kubus

         





b)     Foto Media jaring-jaring kubus dengan pembuktian rumus  Luas Permukaan dan Volume Kubus dengan Pendekatan Rumus Luas Persegi
c)      Foto Media kubus dan  jaring-jaringnya serta dengan pembuktian rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus dengan Pendekatan Rumus Luas Persegi
                   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Matematika
Satuan Pendidikan      : SMP
Kelas/Semester            : VIII / II
Materi Pokok              : Kubus
Waktu                                     : 2 x 40 menit ( 1x Pertemuan)

Standar Kompetensi   :  Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar      :  Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
Indikator   :   1. Menemukan rumus luas permukaan kubus
2. Menghitung luas permukaan kubus
3. Menemukan rumus volume kubus
4. Menghitung volume kubus

Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit (1x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat menemukan rumus luas permukaan kubus
2.      Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus
3.      Siswa dapat menemukan rumus volume kubus
4.      Siswa dapat menghitung volume kubus




B. Materi Ajar:
a) Luas Permukaan Kubus
Luas permukaan kubus adalah jumlah luas seluruh permukaan (bidang) kubus. Luas permukaan kubus sama dengan luas jaring-jaringnya. Jaring-jaring kubus terdiri atas 6 persegi dengan
sisi - sisinya, misalkan s.
Jadi luas permukaan kubus = 6s2

b) Volume Kubus
Volum kubus dengan panjang rusuknya adalah s yaitu V= s3
C. Metode Pembelajaran:
                  Model Pembelajaran    : Kooperatif tipe STAD
Metode pembelajaran  : Diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah Pembelajaran:
1.      Pendahuluan (5 Menit)
a.       Memotivasi siswa dengan benda – benda dalam kehidupan sehari-hari dan di ruang kelas yang berbentuk kubus
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
c.       Guru mengingatkan kembali tentang jaring-jaring kubus
2.      Kegiatan Inti (60 Menit)
a.       Siswa diingatkan tentang unsur-unsur pada limas dan prisma tegak yang sudah pernah dipelajari di SD
b.      Guru memberi contoh pada gambar
c.       Siswa diminta menyebutkan unsur-unsur pada limas dan prisma tegak yang digambar oleh guru
d.      Siswa diminta mengerjakan soal-soal latihan
3.      Penutup (15 menit)
a.       Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi yang sudah dipelajari.
b.      Siswa diberikan soal yang berkaitan dengan kubus
c.       Guru memberikan informasi tentang pertemuan yang selanjutnya

E. Alat & Sumber Belajar:
1.      Alat      : penggaris, spidol, benda-benda di sekeliling kita yang berbentuk kubus
2.      Sumber : buku matematika 2B
F. Penilaian
1. Teknik: tes
2. Bentuk Instrumen: tes tertulis
















BAB III
PENUTUP
Penggunaan media sangat berguna untuk melengkapi pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan prinsipnya untuk meningkatkan efektivitas dan kelancaran proses belajar mengajar. Fungsi media pembelajaran adalah :
1.      Menyeragamkan pengamatan dan wawasan siswa terhadap kompetensi dasar
2.      Menumbuhkan pemikiran yang teratur
3.      Memotivasi siswa untuk memperoleh hasil belajar
4.      Menginteraktifkan siswa dengan lingkungan belajarnya
5.      Meningkatkan perhatian, keinginan, dan minat siswa
6.      Menanamkan konsep dasar, kongkrit, dan realistik
7.      Memberikan gambaran pengalaman nyata
8.      Menjadikan pengalaman yang diperoleh siswa tidak mudah terlupakan











REFERENSI
Piran Wiroatmojo, DR dan Sasonoharjo. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI
5032-ADE_ROHAYATI/HANDOUT_MEDIA_PEMBEL._DEPAG.pdf
Di akses Tanggal 25 Oktober 2014
Di akses Tanggal 25 Oktober 2014




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

sakariiannelli mengatakan...

The titanium tube - baojititanium.blogspot.com
So, I got a pack of 바카라 사이트 에스뱅크 3.5 oz plastic and then 해외야구 got my FIRST DEAL of it 바카라 사이트 (in the case of some kind) 라이브스코어 (it's titanium tubing $200).

Posting Komentar